[FREE DOWNLOAD] List Seserahan Pernikahan Excel & PDF

seserahan pernikahan excel
Sumber gambar : instagram @iniseserahan

Bagikan artikel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Seserahan nikahan adalah sebuah tradisi yang terdapat dalam adat pernikahan di Indonesia. Seserahan merupakan sebuah hadiah yang diberikan oleh pihak pria kepada pihak wanita sebagai tanda ucapan terima kasih atas persetujuan untuk melangsungkan pernikahan. 

 

Seserahan biasanya terdiri dari barang-barang yang dianggap bernilai seperti perhiasan, pakaian, atau barang-barang kebutuhan sehari-hari. Seserahan nikahan merupakan salah satu bagian dari upacara adat pernikahan di Indonesia yang biasanya dilakukan pada saat perjamuan resepsi pernikahan.

 

Makna seserahan pernikahan

Seserahan pernikahan memiliki makna yang sangat simbolis dalam adat pernikahan di Indonesia. Seserahan merupakan sebuah tanda terima kasih yang diberikan oleh pihak pria kepada pihak wanita atas persetujuan untuk melangsungkan pernikahan. 

 

Seserahan juga dianggap sebagai simbol kepercayaan dan keberlanjutan dari hubungan pernikahan yang akan datang. Selain itu, seserahan juga dianggap sebagai tanda kerelaan dari pihak pria untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pihak wanita dalam keluarga yang akan dibentuk.

 

Dalam adat pernikahan di Indonesia, seserahan merupakan salah satu bagian yang tidak boleh terlewatkan. Seserahan biasanya terdiri dari barang-barang yang dianggap bernilai seperti perhiasan, pakaian, atau barang-barang kebutuhan sehari-hari. 

 

Seserahan ini biasanya diberikan pada saat perjamuan resepsi pernikahan. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, seserahan nikahan kini juga bisa diberikan pada saat acara lamaran atau saat prosesi akad nikah.

 

Isi seserahan pernikahan

Isi seserahan pernikahan bervariasi tergantung pada kebiasaan dan kebutuhan dari masing-masing keluarga. Namun, secara umum, seserahan pernikahan terdiri dari barang-barang yang dianggap bernilai seperti perhiasan, pakaian, atau barang-barang kebutuhan sehari-hari. 

 

Berikut ini adalah beberapa contoh barang yang biasanya disertakan dalam seserahan pernikahan:

 

  • Perhiasan: seperti cincin, kalung, atau anting-anting.
  • Pakaian: seperti gaun pengantin, jas pengantin, atau baju adat.
  • Barang-barang kebutuhan sehari-hari: seperti seperangkat perlengkapan mandi, seperangkat alat tulis, atau seperangkat peralatan dapur.
  • Kebutuhan rumah tangga: seperti perabotan rumah tangga, seperangkat peralatan dapur, atau peralatan elektronik.
  • Barang-barang hiburan: seperti buku, musik, atau film.

 

Seserahan pernikahan juga biasanya disertai dengan uang tunai yang dianggap sebagai tambahan untuk memenuhi kebutuhan pihak wanita dalam keluarga yang akan dibentuk. 

 

Berapa nominal uang seserahan?

.

Besar uang seserahan pernikahan tidak ada standar yang pasti. Besar uang seserahan bisa bervariasi tergantung pada kebiasaan dan kemampuan finansial dari masing-masing keluarga. Namun, secara umum, uang seserahan pernikahan biasanya berkisar antara Rp. 10 juta hingga Rp. 50 juta atau lebih tergantung pada kemampuan finansial keluarga yang bersangkutan.

 

Sebagai catatan, uang seserahan pernikahan tidak harus selalu diberikan dalam bentuk tunai. Pihak wanita juga bisa menerima seserahan dalam bentuk barang-barang yang dianggap bernilai seperti perhiasan, pakaian, atau barang-barang kebutuhan sehari-hari. Pihak wanita juga bisa menerima seserahan dalam bentuk barang-barang yang dianggap lebih modern seperti gadget atau peralatan elektronik.

 

Bolehkah mencicil seserahan pernikahan?

Dalam adat pernikahan di Indonesia, seserahan pernikahan biasanya merupakan sebuah hadiah yang diberikan secara langsung oleh pihak pria kepada pihak wanita pada saat perjamuan resepsi pernikahan. 

 

Namun, tidak menutup kemungkinan bagi pihak pria untuk mencicil seserahan pernikahan jika tidak memiliki cukup dana untuk mengeluarkan seluruh seserahan sekaligus.

 

Perlu diingat bahwa mencicil seserahan pernikahan merupakan hal yang tidak lazim dalam adat pernikahan di Indonesia. Sebaiknya, sebelum memutuskan untuk mencicil seserahan, pihak pria harus mempertimbangkan kemampuan finansialnya dengan baik agar tidak terjadi masalah keuangan di kemudian hari. 

 

Jika memang tidak memungkinkan untuk mengeluarkan seserahan secara langsung, pihak pria bisa membicarakannya terlebih dahulu dengan pihak wanita agar tercapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak.

Baca juga : [FREE DOWNLOAD] List Persiapan Pernikahan Excel & PDF

List seserahan pernikahan

Berikut ini adalah contoh template list seserahan pernikahan yang bisa Anda gunakan sebagai acuan:

Perhiasan

  • Cincin pernikahan
  • Kalung
  • Anting-anting
  • Gelang

 

Pakaian

  • Gaun pengantin
  • Jas pengantin
  • Baju adat

 

Barang-barang kebutuhan sehari-hari

  • Seperangkat perlengkapan mandi
  • Seperangkat alat tulis
  • Seperangkat peralatan dapur

 

Kebutuhan rumah tangga

  • Perabotan rumah tangga
  • Seperangkat peralatan dapur
  • Peralatan elektronik

 

Barang-barang hiburan

 

  • Buku
  • Musik
  • Film

 

Uang tunai

Uang tunai sebesar Rp 10 – 50 juta

 

Sebagai catatan, template list seserahan pernikahan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari masing-masing pihak yang bersangkutan. Anda bisa menambah atau mengurangi barang-barang yang tercantum di dalam list seserahan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

 

Download list seserahan pernikahan excel

Untuk download file excel di atas bisa langsung di  list seserahan excel 

 

Download list seserahan pernikahan PDF

Sementara untuk file pdf nya bisa langsung klik list seserahan pdf 

Artikel Terbaru